Selasa, 07 Oktober 2014

Pulau Weh, Surga Tersembunyi di Ujung Sumatera


Pulau Weh merupakan pulau kecil yang lokasinya berada di pulau paling barat dari kepulauan yang ada di Indonesia, sebenarnya dahulu pulau weh ini masih menyatu dengan pulau Sumatra, akibat meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen mengakibatkan pulau ini terpisah dari Sumatera.


Pulau weh terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau yang diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.
Keberadaan  Pulau Weh belum begitu tersentuh meskipun ukurannya tidak luas dan aksesnya mudah.

Kegiatan menyelam di Pulau Weh adalah kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Dengan dipandu penyelam yang berpengalaman dan instruktur menyelam siap menawarkan berbagai lokasi penyelaman seperti Taman Laut di Pulau Rubiah. Selain itu anda juga akan menemukan banyak hewan laut yang menyenangkan, terutama pari manta, hiu, paus, lumba-lumba dan penyu.

Walaupun hanya pulau kecil, Keindahan alam dan panorama bawah laut Pulau Weh yang eksotis akan memberikan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

0 komentar:

Posting Komentar